Selasa, 10 April 2012

Eksplorasi Goa Ngingrong

Gunungkidul menyimpan sejuta pesona goa. Takkan selesai satu bulan untuk mengeksplorasi goa-goa yang ada di Gunungkidul. Hampir 500 goa yang ada di Gunungkidul, baik berupa goa horinzontal, goa vertikal dengan kondisi goa basah dan kering.
Eksplorasi goa minggu ini (8 April 2012) di lembah Mulo, Wonosari, Gunungkidul. Lokasi yang sangat strategis berada dipinggir jalan raya Wonosari-Tepus memudahkan pencarian lembah Mulo. Tim kali ini berjumlah 15 orang (Hery Fosil, Depri, Mbah Dadi, Nia, Najib, Dani, Fifin, Tommy, Pekik, Mas Aziz, Danang, 2 muridnya mbah dadi dan 3 cewek temene mas Aziz lupa namanya. hehehehe). Ada beberapa goa di lembah Mulo yang cukup mengundang rasa penasaran saya untuk mengeksplorasi goa tersebut.
Goa Ngingrong berada di lembah Mulo, terdapat dua goa yaitu goa sebelah timur dan goa sebelah barat. kedua goa memiliki karakteristik berbeda dan memiliki tingkat kesulitan yang berbeda juga.



Pada petualangan ini kami memilih untuk menyusuri kedua goa, namun untuk memudahkan turun ke lembah kami pilih untuk turun tebing dengan cara rappeling sekitar 70meter, sebenarnya bisa tanpa rappeling namun harus jalan kaki memutar.

Goa pertama yang kami susuri adalah goa Ngingrong sebelah barat. Goa ini panjangnya sekitar 200 meter, kategori basah, alat yang kami pakai pelampung, helm dan tidak lupa senter.
Di dalam goa ini masih cukup banyak stalagtit dan stalagmit yang aktif, cukup untuk membayar lelah kami.




Goa ini dari sebelah selatan jalan raya akan tembus di sebelah utara jalan raya, cukup waktu sekitar 45 menit, namun kalau waktu dihitung sejak rappeling ber-15 orang butuh waktu sekitar 1,5jam.

Setelah kami menyelesaikan penyusuran goa sebalah barat kami pindah menyusuri goa sebelah timur. Goa ini lebih besar dari yang sebelah barat, dengan kesulitan untuk menuju telaga atau luweng dandang kita butuh alat tali. Setelah masuk goa sekitar 50 meter kita dihadapkan goa vertikal yang mengalir air membentuk air terjun yang bermuara di telaga atau luweng dandang di dalam goa. perjalanan di goa ini butuh waktu sekitar 45 menit. (sayang sekali pas di telaga atau luweng ini kami tak bisa motret karena kamera kami yang tidak memadahi).

6 komentar: