Selasa, 18 September 2012

Jembatan Jirak Angker Bagi Pengantin Baru






Jembatan Jirak berada di Desa Semanu, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul. Jembatan Jirak membentang di atas sungai Jirak yang konon menurut cerita jembatan ini angker, sebagai tempat bermukimnya jin dan setan. Masyarakat disekitar jembatan Jirak sering menghubung-hubungkan kejadian kecelakaan di Jembatan Jirak ini merupakan ulah dari jin dan setan yang tinggal di jembatan ini.
Menurut Pak Tugiman Jembatan Kali Jirak berasal dari cerita nenek moyang dahulu kala rombongan Wali yang tengah melakukan perjalanan syiar agama Islam singgah ditepi sungai ini dan untuk melepas lelah mereka bermain Jirak (Permainan tradisional) “Jirakan” (namun seperti apa permainan “jirakan” sampai saat ini belum ada yang tau).  Sehingga sungai tersebut dinamakan Sungai Jirak. Sungai Jirak membelah jalan besar yang ada pada saat itu sehingga di atasnya dibangunlah sebuah jembatan, jembatan tersebut bernama Jembatan Jirak. Jembatan Jirak pada awalnya dibangun sejak jaman Belanda menjajah 2 sekitar 350 tahun yang lalu. Jembatan Jirak pada awalnya dibangun dengan menggunakan kayu, tetapi setiap musim penghujan jembatan itu sering hayut terbawa oleh banjir, karena semakin bertambah pentingnya fungsi jembatan bagi masyarakat, jembatan tersebut akhirnya dibangun dengan bahan yang lebih kokoh, sampai saat ini sudah menjadi jembatan yang cukup besar.
Cerita rakyat yang paling menarik dari Jembatan Jirak ini adalah larangan pengantin baru yang belum genap 40 hari melewati jembatan ini. Sekitar tahun 1929 sepasang pengantin baru hilang di Jembatan Jirak konon berubah menjadi batu. Batu tersebut bernama “watu manten” sekarang batu tersebut sudah hilang ada beberapa cerita yang berkembang atas hilangnya “watu manten” diantaranya ; batu tersebut telah dihancurkan oleh penambang batu yang hendak membangun tanggul sebelah selatan, ada juga yang menyakini pindah tempat dan ada juga yang menyakini “watu manten” telah hilang terbawa banjir.


Salah satu tiang Jembatan Jirak konon digunakan tempat tinggal setan, sehingga jika ada pengantin baru yang masih “mambu kembang, bedak dan atal” lewat jembatan ini maka setan dan jin penunggu tiang jembatan tersebut akan mengganggu bahkan sampai menyelakainya. Menurut cerita Mbah Ngatemorejo Sagiyo pria berusia 83 tahun ini “Jare simbah biyen nek ono manten anyar wani lewat kene mesti keno alangan, malah ono sing nganti edan” (Katanya simbah dahulu kalau ada pengantin baru berani lewat disini (Jembatan Jirak) pasti dapat musibah, bahkan ada yang sampai gila).  Mbah Ngatemorejo Sagiyo menambahkan sebenarnya setiap tempat yang angker seperti kuburan, pohon besar, jembatan, batu besar banyak dihuni oleh setan ataupun jin, sehingga sebaiknya kita jika melewatinya membunyikan klakson sebagai bentuk ucapan permisi.
Saat ini ada masyarakat yang bukan warga Semanu masih ada yang meyakini lewat Jembatan Jirak bagi pengantin mereka memberikan sesaji berupa ; ayam jantan, kembang setaman, nasi putih, uang receh dan perlengkapan “nginang”.  Masyarakat di Semanu sendiri sudah banyak yang menganggap cerita itu sebagai mitos belaka.   (Ini hanya sebuah cerita rakyat bagi anda yang tidak percaya, anggap saja sebagai sebuah cerita mitos. Kepercayaan hanya pada Tuhan (Allah) yang memiliki segalannya). (Red_hnd-hr-rnt)
(Sumber : KORAN IBU Srikandi)


KONSULTASI OUTBOUND dan PIKNIK DI JOGJA dan Sekitarnya : 081804067470 / 085602108464

21 komentar:

  1. Musrik, dimanapun tempatnya hanya Allah SWT Penguasanya.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini hanya sebuah cerita rakyat bagi anda yang tidak percaya, anggap saja sebagai sebuah cerita mitos. Kepercayaan hanya pada Tuhan (Allah) yang memiliki segalannya).

      Hapus
    2. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua,
      Sengaja ingin menulis sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang kesulitan masalah keuangan
      Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar 800juta saya stres hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu dengan kyai sukmo joyo, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KYAI SUKMO JOYO kata Pak.kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan penarikan uang gaib 5Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada. Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya sering menyarankan untuk menghubungi kyai sukmo joyo di 082399985954 situsnya www.sukmo-joyo.blogspot.co.id agar di berikan arahan. Toh tidak langsung datang ke jawa timur, saya sendiri dulu hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sama baik, jika ingin seperti saya coba hubungi kyai sukmo joyo pasti akan di bantu

      Hapus
    3. Mungkin anda akan mencoba???

      Hapus
  2. Yang berhak menentukan seseorang itu syirik hanya Allah. Jadi kalo ada orang yg berani menuduh orang lain itu syirik, sesungguhnya dia justru lebih syirik dari yg dituduh. Karena berarti dia telah berusaha melampaui hak dan wewenang Allah..

    BalasHapus
  3. jirak itu adalah permainan memasukkan biji-bijian..batu ato benda lainnya...kedalam lubang tanah..jarak memasukkanya diatur kira-kira 1-2 meter..tergantung pemainnya mau jirak apa..biasanya didaerah saya ada jirak biji benguk...

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener kang,,nek ngonku mbiyen sek di gawe jirak kie mlinjo,,
      ono sek duit,,

      Hapus
  4. Risya Russetyaningsih19 September 2012 pukul 16.47

    Wahh ga percaya tuh cerita...musrik bgt

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini hanya sebuah cerita rakyat bagi anda yang tidak percaya, anggap saja sebagai sebuah cerita mitos. Kepercayaan hanya pada Tuhan (Allah) yang memiliki segalannya).

      Hapus
  5. Betul kawan jam segini kok masih percaya tahayul tabat kawan ?
    Ashadu allah illahailallah waashadu ana Muhammad rasul allah
    allah akbar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini hanya sebuah cerita rakyat bagi anda yang tidak percaya, anggap saja sebagai sebuah cerita mitos. Kepercayaan hanya pada Tuhan (Allah) yang memiliki segalannya).

      Hapus
  6. Betul kawan jam segini kok masih percaya tahayul TOBAT kawan ?
    Ashadu allah illahailallah waashadu ana Muhammad rasul allah
    allah akbar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini hanya sebuah cerita rakyat bagi anda yang tidak percaya, anggap saja sebagai sebuah cerita mitos. Kepercayaan hanya pada Tuhan (Allah) yang memiliki segalannya).

      Hapus
  7. percaya ga percaya itu hanya kita yang akan menilainya...semuanya kembali pada sang pencipta TUHAN YANG MAHA ESA...

    BalasHapus
  8. Urarep entuk etan2an ah...hehe #cumamitos

    BalasHapus
  9. Percaya atau tidak..... itu tergantung kita yang menyikapi karena memang kenyataannya makhluk halus itu ada...... tinggal bagaimana kita mau bersekutu dengan makhluk halus atau menyembah Tuhan..... itu saja.

    #wong_jawa_nganggo_jawane

    BalasHapus
  10. nek badhe percoyo monggo nek mboten .ampun alok-alok.seng penteng mboten lali kaleh GUSTI ALLAH'

    BalasHapus
  11. cerita hantu nya lumayan gan, nambah2 referensi buat saya.

    BalasHapus
  12. Suruh nyoba aja yang ga percaya berani ga, itu kan hanya cerita dan mitos percaya juga boleh ga juga ga papa

    BalasHapus
  13. Suruh nyoba aja yang ga percaya berani ga, itu kan hanya cerita dan mitos percaya juga boleh ga juga ga papa

    BalasHapus
  14. PENIPU..!!! MENYEBAR KESAKSIAN PALSU & MEMAKAI GELAR TIPU2 ADALAH TRICK PARA BEGUNDAL PENIPU UNTUK MEYAKINKAN PARA PENCARI PESUGIHAN / UANG INSTAN..MANA ADA ORANG SDH SUKSES RITUAL MSH SIBUK NYEBARKAN KESAKSIAN !!! YG ADA JUGA SDH TUTUP BUKU TTG MASA LALUNYA, HANYA ORANG BODOH YG MEMPERCAYAI KESAKSIAN PALSU INI !!! WAHAI SAUDARAKU SEMUA BERPIKIRLAH DNG AKAL LOGIKA ANDA !! MANUSIA KARDUS INI MENGGANTI2 NAMA NYA TERUS..MAU TAU SEPAK TERJANGNYA ??? SILAHKAN ANDA BUKA http://daftarkuncentiputipu.blogspot.co.id/

    BalasHapus