Kamis, 06 September 2012

Teka-Teki Reruntuhan Candi ; Antara Candi Ngawis dan Candi Konengan

Reruntuhan batu itu yang membuat semakin penasaran. Setelah "bulusukan" kesekian kalinya saya dan kawan-kawan berhasil juga menemukan lokasi reruntuhan candi di Desa Ngawis Kecamatan Karangmojo. Menurut petunjuk di desa ini ada 2 sisa reruntuhan candi yaitu Candi Ngawis dan Candi Konengan, namun letak pasti (padukuhan/dusun)dari kedua candi tersebut tidak ada yang tahu yang hanya menyebutkan keberadaan 2 candi tersebut berada di Desa Ngawis Kecamatan Karangmojo. Nah, dari sebuah rasa penasaran saya hampir 5 kali "blusukan" barulah terjawab sudah keberadaan 2 candi tersebut. Namun sekali lagi karena masyarakat disekitar juga tidak tahu nama reruntuhan candi ini maka saya hanya bisa menduga-duga saja.
1. Candi Ngawis (Alasannya karena reruntuhan candi ini berada di Padukuhan Ngawis, Desa Ngawis, Kecamatan Karangmojo).

2. Candi Konengan (Berada di Padukuhan Ganang, Desa Ngawis, Kecamatan Karangmojo).


Lagi-lagi emosi saya "ludiro inggil" kambuh melihat reruntuhan ini tak ada yg peduli berserakan dan banyak yang hilang. Kemungkinan besar arca-arcanya sudah dicuri oleh oknum yang bangga bisa mengalahkan danyang watu. 


5 komentar:

  1. Waduhhh ..karna kurang pendidikan warganya...jd g ada yg tau...ilang pula

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nek omong di atur bong mulut yg asal omong yg kurang pendidikan

      Hapus
    2. Nek omong di atur bong mulut yg asal omong yg kurang pendidikan

      Hapus
  2. candi konengan kira kira sama situs gondang jauh ga tu gan !!?

    BalasHapus
  3. Pernah KKN di desa Ngawis, waktu itu lumayan banyak ngobrol juga sama pak Handoko selaku padukuh ganang yg memang punya pengetahuan sejarah yang sangat dalam terkait candi yang katanya masih tertanam di bawah tanah ini. semoga selalu terawat dengan aman sisa-sisa peninggalan sejarah ini.

    BalasHapus